Senin, 17 Desember 2018

Ngomongin Cantik



Yu ar byutipul, byutipul, byutipul.. kamu cantik cantik dari hatimuuu..

Yur byutipul, yur byutipul, yur byutipul is truuu..

Cantik, ingin rasa hati berbisik, untuk melepas keresahan, dirimu.. wowo Cantik, bukan ku ingin mengganggumu, tapi apa arti merindu selalu.. wowowow..

Salam Sejahtera kalian semua..waw, Kiki disini bukan mau ngegombal atau nikung ya..wkwkwk. Nyanyiin lagunya Cherrybelle, James Blunt, sama Kahitna juga bukan kok..haha.


Tapi ya emang gabisa dipungkiri dari nyanyian diatas kalo Kiki emg mau ngebahas lawan jenis Kiki, siapa lagi kalo bukan cewe..haha you don’t say njeer.. tapi ini lebih spesifik atau khusus pada “cantik” mnurut sudut pandang Kiki sebagai salah seorang cowo di muka bumi ini yang masih normal suka sama cewe (kalo cinta mah buat pasangan nanti..haha), diluaran sana banyak yang bikin pengertian cantik menurut mereka sendiri-sendiri, kalo Kiki sih lebih pengen memurnikan pengertian cantik pada arti yang sebenar-benarnya, atau istilah kerennya mah berfilsafat..anjaay..wkwk, yah berhubung Kiki juga kayanya telat masuk masa puber baru nyari cewe buat diajak serius berkomitmen, dan salah satu kriteria nyari cewe itu ya dilihat dari cantiknya itu loh..wew.





Oke langsung aja dah daripada banyak kata pengantar basa-basi chit-chat.. kita mulai aja dari : Cantik itu apa sih?


Pertanyaan “apa” nantinya kita bisa nemuin jawaban sebuah “pengertian” atau “definisi”nya, dengan catatan Kiki ga akan ngambil referensi para ahli kaya “menurut buku Tatang Sutarma” wkwkw.. karna Kiki murni ngebahasnya mnurut sudut pandang Kiki berdasarkan pengamatan dan pengalaman, kalo istilah kerennya mah “epistemologi” wkwk, dan Kiki tetep pada tujuan awal yaitu nyari kebenaran dari makna cantik yang sebener-benernya.. Lagian para ahli juga mereka bikin definisi sendiri berdasarkan pengamatan dan pengalaman mereka juga kok.

Paling kalo dari Kamus Agung (eh Besar) Bahasa Indonesia, istilah kerennya secara “terminologi” cantik itu berarti elok dan molek, atau kata yang paling akrab berarti indah dan bagus, dan akhirnya itu lebih merujuk pada cewe secara tampang atau tampilan yang indah dan bagus.. untuk konteks cowo mereka disebutnya tampan atau ganteng, jadi ada aja istilah cogan cecan apalah itu..wkwk.

Tapi dalam kehidupan sehari-hari kita semua tahu kalo cantik juga bisa merujuk ke penampilan makhluk lain termasuk benda-benda, kaya “ih bunga itu cantik”, “waw burung meraknya cantik pas ngelebarin ekornya”, “asik dapet gelas sama piring cantik dari hadiah sabun colek” hahaha.. entah kenapa kesannya kaya cwe malah disejajarin sama hewan tumbuhan dan benda mati ya.. Sedangkan kata tampan atau ganteng cuma disematkan buat cowo doang, kapan kita pernah tahu ada “bunga ganteng”, “burung ganteng”, “piring sama gelas ganteng”..anjaay.

Kalo cowo disebut cantik malah aneh, apa-apaan tuh sama istilah cocan, kampret banget njir.. Kiki nih sebel juga karna suka disebut cocan sama temen-temen Kiki.. ntar malah jadinya dianggep bencong, banci, lediboi, shimel, dan sejenisnya..anjrit.. Nah sebenernya kata cakep itu sih yang punya arti serupa dan bisa dipake buat cewe maupun cowo.

Jadi pengertian cantik untuk cewe menurut Kiki sih yaitu mereka-mereka yang punya penampilan bagus atau indah.. apa wajah doang? Kagak juga, tapi seluruh tubuhnya termasuk pakean dan aksesoris yang dipake, tapi terkadang semuanya itu gak ngaruh sih kalo dari wajahnya aja sudah termasuk cantik.

Trus gimana dengan cewe yang cantik dari dalem atau istilah kerennya mah “inner beauty”? Haha itu mah beda soal lagi atuh, sebenernya literally secara harfiah itu berarti cewe yang punya watak-karakter-sifat-sikap yang baik, menjadi beda soal karena itu ya ranahnya “etika” yang ngebahas “baik vs buruk”, bukan juga masuk ranah “logika” yang ngebahas “benar vs salah”, tetapi cantik disini ranahnya sudah jelas tentang “estetika” yang ngebahas “bagus vs jelek”.




Setelah tahu apa itu cantik, mari kita lanjut pada : Kenapa harus cantik? Kenapa bisa ada cantik? Atau lebih spesifiknya kenapa cewe itu harus cantik sih?

Soal pertanyaan “kenapa” biasanya ngomongin “sebabnya apa sih?”, “pentingnya apaan sih?”, atau “gunanya apaan sih?”.. tapi disini Kiki cuma bahasnya tentang nilai penting sama kegunaannya, kalo sebab kenapa cewe itu cantik mah Kiki susah ngejawabnya, coz Tuhan sendiri yang menciptakan rupa cewe dengan struktur tertentu dengan polesan dikit sama si cewe itu sendiri sehingga ngebikin kita para cowo bisa terpesona..anjaaayy.

Sebelum menjawab itu kita renungi kembali aja manusia itu hidup di bumi itu buat ngapain sih.. yaitu mengelola diri sendiri, sesama manusia, dan alam dengan cara yang baik (seimbang) sebagai bentuk pengabdian atau ibadah pada Tuhan dengan imbalan surga.. cuman manusia tuh punya umur yang pendek karena fisiknya yang punya jatah waktu tertentu, kaya kita punya hape kalopun diperlakukan dengan baik ga pernah kecebur atau kebanting, tapi kalo dipake terus-terusan ya tetep aja endingnya mah rusak atau istilahnya mah “sudah berumur”..wkwk, jadi ya itu manusia gabisa hidup buat ngelola sampe kiamat..haha.

Makanya manusia tu butuh berkembang biak buat ngelestariin spesiesnya itu..wkwk, soal caranya sama kaya hewan tuh yaitu dengan berpasang-pasangan..haha. kalo manusia mah cewe dan cowo, hewan mah betina dan jantan.. trus bedanya kalo hewan mah ketemu dijalan aja bisa langsung jadian dan beranak..wkwk, lah kita manusia mah agak ribet karena ada aturan dan perlu banyak banget usaha mulai dari menarik perhatian lawan jenis, kenal akrab jadian, dapet restu ortu, sampe menikah dan berkeluarga..huhuhu.

Nah cantik buat cewe itu tentunya penting dong, karena letak kegunaannya ya buat salah satu cara menarik perhatian lawan jenisnya yaitu si cowo, akhirnya kan itu menjadi langkah awal manusia bisa lanjut ke proses berpasang-pasangan dan berkembang biak nantinya. Cantik itu peluang berhasilnya tinggi dibanding menunjukkan sikap dan sifat baik, seketika cowo kecenderungan dengan matanya doang langsung terpesona gitu cuma liat cewe cantik, itu sebabnya kenapa cowo disebut makhluk visual..hm.

Kaya hewan juga yang punya cara tersendiri buat menarik perhatian lawan jenisnya, kaya jangkrik tuh cuma soal siapa yang krik-kriknya paling keras maka dia yang gampang dapet perhatian dan akhirnya bisa dapet pasangan kawin..wkwk.

Berbeda sama cewe dengan cantiknya, kalo cowo untuk menarik perhatian cewe bukan dengan kegantengan atau banyak duit doang, si cowo harus memberi cewe kesan awal atau bikin mereka nyaman aja, maka dari itu banyak cowo yang jago ngegombal, ngemodus, dll karena memberi kesan bagus dan bikin cewe seringkali tertipu karena dapet nyaman diawal tapi endingnya cowo malah nyakitin si cewe..aduuh. dan emang sih susah juga ngebedain cowo bangor yang jago gombal n modus sama cowo baik yang beneran punya sifat mengayomi dan tanggung jawab.. Kiki sendiri termasuk cowo yang kaya gimana ya..wkwk, nilai aja sendiri deh sama kalian..hehe.

Balik lagi ke soal kegunaan cantik, semakin berkembangnya jaman yaitu sampe kita yang hidup di jaman edan kaya gini, ngebuat kegunaan cantik juga berkembang, kebanyakan sih jadi buat pemasaran produk tertentu, kaya bintang iklan atau jadi SPG, terus jadi model-aktris-penyanyi, juga efektif buat bekerja di bagian frontliner (garis depan) kaya jadi resepsionis, customer service, yang suka menyambut kita kalo baru masuk kantor atau toko, bikin adem-adem gimana gitu karna serasa disambut, apalagi kalo ke minimarket diucapin “selamat datang di indoapril”..wkwk. Oiya dan yang buruk tuh kalo cantik malah dijadiin modal bisnis haram kaya prostitusi ngejablay atau bintang bokep..huhu. walopun begitu hal-hal tadi gak mengubah fungsi sejati dari cantik itu sendiri pada awalnya, karna hal-hal tadi cuma ngemanfaatin para cowo si makhluk visual sebagai konsumennya, dan akhirnya gimana pun mereka itu gak bisa memiliki si cewe cantik yang bekerja di hal-hal tadi..wew.



Oke, setelah tahu nilai penting dan kegunaan cantik, lanjut lagi ke : gimana sih standar cewe cantik itu? atau cewe yang kaya gimana sih yang disebut cantik itu?


Soal pertanyaan “gimana” biasanya ngomongin proses, mekanisme atau cara kerja. Selain itu juga bisa buat ngejelasin sesuatu, kaya kita dulu di sekolah sering dapet soal “jelaskan bagaimana bla bla bla” karna emang terkait sama pertanyaan “gimana”, tentunya berbeda dari soal “sebutkan apa saja bla bla” karna berkaitan sama pertanyaan “apa”..haha ngomong apa sih Kiki ni bikin kagak faham..wkwk.

Kiki disini gak bakal ngebahas “gimana sih caranya cewe jadi cantik?” karna jawabannya semua cewe itu cantik dengan ciri khasnya masing-masing, juga ga bakal bahas “gimana sih prosesnya cewe cantik bisa memikat perhatian cowo?” karena jawabannya si cewe cuman butuh percaya diri doang buat tampil dengan sopan. Beda lagi kalo soal standar cewe cantik itu cukup panjang tetapi layak untuk diperbincangkan..haha.

Oke lanjut, standar itu berarti patokan atau acuan yang bisa diterapkan secara universal (menyeluruh oleh semua kalangan), tapi sebenernya buat standar kecantikan itu tidak ada yang baku loh, prinsipnya sih ya cewe itu bisa menarik perhatian cowo dengan penampilannya itulah yang disebut cantik, pada akhirnya mereka bisa punya pasangan karna si cowo menganggep cewe yang dipilihnya itu cantik.. kaya yg Kiki bilang barusan kalo semua cewe itu cantik dengan ciri khas mereka masing-masing, ya akhirnya mah emang bener juga sih sama yang namanya “cantik itu relatif”..wow. 

Kalo kalian suka nonton acara-acara semacem On the Spot atau ngefollow akun-akun yang suka nge-share fakta-fakta menarik, di daerah luar sana tuh ada yang nganggep cewe cantik itu yang badannya gemuk kaya Suku Bahima di Afrika, ada juga tuh di negara tetangga kita yaitu Thailand tepatnya di Suku Karen yang nganggep cewe cantik itu lehernya panjang..wow.


Suku Karen (uzone.id)

Lah sedangkan kita disini standar cantiknya dikendaliin oleh film, sinetron, iklan-iklan obat, sabun sama kosmetik..wew, jadi cewe cantik itu yang badannya ramping langsing, berkulit cerah bisa putih bisa hitam manis, idungnya mancung karna blasteran, dll. Kiki ngamatin di Fesbuk sama Instagram aja foto cewe yang gitu banyak banget dapet like dari ratusan sampe jutaan (pastinya kbanyakan yang ngelike tuh cowo, Kiki mah ga pernah ngelike foto cewe..malu, cukup mengagumi aja tanpa ditunjukkan..anjayy), dibanding Kiki yang cape-cape bikin komik tapi yang ngelike jarang sampe ratusan..huhu.. barangkali karena cantiknya cewe itu karya seni buatan Tuhan jadinya the best tiada tanding ya dibandingin sama karya seni buatan Kiki..hahaha. Oiya terus di aplikasi Tinder juga profil cewe-cewe yang gitu masuk di daftar like teratas.. duh jadi ketauan deh kalo Kiki juga pake Tinder..wkwk.

Disney Princesses (washingtonpost.com)


Ini mah sekalian Kiki curhat ya sama yang barusan, kadang Kiki kasian sama cewe yang gak masuk standar cantik mainstream yang udah mendominasi disini, yaitu kebalikan dari standar mainstream kaya cewe gendut atau kurus, item, idung pesek atau gede.. kalo Kiki jadi mereka kayanya pesimis deh gak bakal dapet jodoh..huhu. Kiki sendiri sampe sekarang juga ikut terpengaruh menganggap cewe cantik itu yang langsing sama berkulit cerah (cuma soal idung sih ga masalah), ya dari kecil Kiki udah nnton kartun kaya Doraemon, disana ada perbandingan antara Shizuka sama adeknya Giant tuh yang namanya Jaiko, ya tentunya Kiki sukanya sama Shizuka lah.. terus juga nonton Disney Princess kaya Putri Salju, Putri Duyung, Putri Bobo, dll jadi seolah cewe cantik itu ya yang macem putri-putri itu tuh, termasuk lagi peri-peri di cerita dongeng fantasi pasti aja mereka itu berkulit putih bertelinga runcing..hoho.


Shizuka (dictio.id)
Jaiko (sadapandroid.com)

Tapi karna cantik itu emang relatif, ya Kiki juga seneng masih ada cowo yang mau sama cewe cantik diluar standar mainstream, kaya yang pernah heboh tuh cowo muda nikah sama nenek-nenek, ada yang sama ibu-ibu, cowo yang mukanya kaya Heri Potret nikah sama cewe gendut, dll brosing aja deh buat info lengkapnya mah..hehe. juga temen-temen cewe Kiki yang begitu pun akhirnya pada nikah juga tuh ngeduluin Kiki yang telat puber..hahaha.





Jadi finally akhirnya dari hakikat, fungsi, standar, sama realitas Cantik yang udah panjang lebar Kiki bahas. Bisa disimpulkan bahwa cantik itu soal estetika penampilan terbaik cewe mulai dari wajah sampai semuanya, fungsinya buat pintu awal menuju proses berpasang-pasangan sampai berkembang biak, dan standar cantik itu gak baku karena relatif menurut penilaian para cowo di lingkungannya masing-masing, tahu kan selera orang soal indah gak indah itu beda-beda loh.

Ya meskipun realitas saat ini udah ada standar cewe yang mainstream mendominasi mayoritas cowo, tapi tetap aja dimana ada kaum mayoritas pasti ada kaum minoritas, dimana ada kaum mainstream pasti ada yang anti-mainstream..hehehe.

Kiki sendiri sih udah jujur termasuk kaum mainstream soal standar cantik, kadang Kiki dihujat karena suka sama cewe bening, berhubung Kiki sendiri termasuk cowo bening (bukan maksud rasis ya), Cewe yang diluar standar itu ya Kiki akhirnya cuma bisa anggep mereka teman baik, teman dekat, dan sahabat..duh maaf banget ya. Oiya misalnya nanti pas si cewe yg jadi pasangan Kiki semakin tua yang objektifnya udah ga cantik lagi, bukan berarti Kiki jadi ga suka dia lagi (kalo tetep cinta mah ya pasti atuh), ya Kiki harus tetep menjaga komitmen tetap bersamanya sebagai balas budi karna udah mau nemenin hidup Kiki..ecieee.

Soal mencari pasangan yang nantinya akan dibawa ke jenjang yang lebih serius (harusnya gitu loh bukan pacaran yang cuma main-main doang, biasanya pihak cewe yang suka dirugiin tuh), ada hal lain nih yang perlu dipertimbangin selain kriteria cantik doang, hm panjang lebar sih kalo dibahas tapi di kesempatan lain Kiki bakal bahas deh kriteria pasangan yang idealnya..




sumber : pemikiran Kiki sendiri dengan sedikit bantuan KBBI..hehe
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Top Mingguan